logo
 
 
 
 
 
 
PP Online |  Procurement |  Career |  Cust Satisfaction Survey
header
 
SEARCH        
 
     
 
 
PTPP Meraih Penghargaan Gold Medal IFAWPCA 05-Mar-2014  
imgnews
PT PP (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan medali emas dalam Kategori Building Construction untuk Proyek Pembangunan Gedung Kementerian PU di Jakarta dengan implementasi “Green Construction”. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Cabang 3 PT PP (Persero) Tbk, Hadjar Seti Adji pada acara penutupan Konvensi ke-41 IFAWPCA di Jakarta, Rabu (05/03/2014). Penghargaan ini diberikan oleh International Federation of Asian and Western Pacific Constructions’ Associations (IFAWPCA). IFAWPCA International AWARD adalah suatu Penghargaan Karya dan Kinerja Konstruksi bertaraf Internasional (tingkat Asia dan Pasifik Barat) bagi Perusahaan Kontraktor dan Profesional yang berjasa bagi Jasa Konstruksi di Negara dari Anggota IFAWPCA yang bergiliran sebagai Tuan Rumah acara Konvensi IFAWPCA. IFAWPCA secara rutin menyelenggarakan Konvensi setiap sekitar 1,5 tahun bertempat di Negara Anggota IFAWPCA secara bergiliran, salah satunya menyelenggarakan IFAWPCA Award. Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara Konvensi ke-41 IFAWPCA. Penilaian IFAWPCA International Award dilakukan oleh 16 dewan juri dari berbagai negara anggotanya.

IFAWPCA Konvensi Ke-41 IFAWPCA di selenggarakan di Jakarta dari tanggal 2 s.d 5 Maret 2014 dan diikuti oleh ratusan delegasi dari 16 anggota IFAWPCA. Konvensi dibuka secara resmi oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, pada Senin (03/03/2014). “Acara ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi kontraktor dalam negeri di tengah akan dilaksanakannya pasar bebas ASEAN 2015. Terlebih karena tema acara ini adalah konstruksi yang berkelanjutan dan topiknya adalah konstruksi hijau,” kata Djoko Kirmanto, sambil menambahkan bahwa ke depan, membangun tidak asal jadi, produksinya harus baik dan ramah lingkungan. Konvensi ke-41 IFAWPCA mengambil tema "Infrastructure for a Better Future" yang membicarakan berbagai isu infrastruktur, baik secara teknis maupun finansial. Topik pertemuan dan pembicaraan melibatkan berbagai opsi pendanaan serta mendapatkan wawasan dari negara-negara dengan pengalaman sukses dalam pembangunan infrastruktur.
 
 
PTPP Raih Penghargaan Badan Publik Terbaik dalam Keterbukaan Informasi 16-Dec-2013  
imgnews
PT. PP (Persero) Tbk (“PTPP”) perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia menerima penghargaan dalam rangka Penganugerahan Badan Publik Terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik.Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Boediono kepada PTPP pada hari Kamis (12/12) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta. Direktur Operasi PTPP Ketut Darmawan turut menghadiri acara penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia yang bersifat independen kepada PTPP.

Sejak tahun 2011, Komisi Informasi telah melakukan pemeringkatan atas pelaksanaan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik terhadap Badan Publik dengan melakukan pemantauan. Pada tahun ini, Komisi Informasi kembali melakukan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik terhadap ketaatan implementasi seluruh kewajiban Badan Publik seperti yang diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008, dengan suatu metode yang telah dikembangkan dan ditingkatkan untuk menghasilkan suatu hasil yang lebih baik.

Kegiatan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik pada Tahun ini menggunakan metode penyebaran Kuesioner Penilaian Mandiri (Self Assessment Questioner) ke seluruh Badan Publik, yang kemudian dari hasil penilaian yang dilakukan oleh Badan Publik itu sendiri dilakukan verifikasi berupa visitasi dan wawancara setelah dilakukan pemeringkatan sementara berdasarkan dokumen pembuktian yang berada di website Badan Publik dan/atau hard copy/soft copy yang dilampirkan pada saat pengembalian kuesioner. Dari 137 perusahaan BUMN yang dikirimkan kuesioner oleh Komisi Informasi, 59 perusahaan BUMN mengirimkan kembali kuesioner yang telah diisi. Proses Index Badan Publik dilakukan dengan melakukan verifikasi data pendukung atas kuesioner tersebut untuk menghasilkan 10 Badan Publik teratas per kategori. Dari hasil verfikasi data pendukung, PTPP meraih peringkat ke VII dengan nilai keterbukaan informasi sebesar 44,057 dari skala tertinggi 100.
 
 
Satu Lagi Proyek PTPP Di Timor Leste Dimulai 18-Nov-2013  
imgnews
Setelah menyelesaikan proyek Gedung Kementerian Keuangan dan Jalan Likuisa serta melaksanakan proyek Jalan Tibar di Timor Leste, kini Perseroan memulai lagi sebuah proyek besar berupa Pembangunan Gedung AGP Square di Dili, Timor Leste. Hal ini ditandai dengan upacara ground breaking yang dilaksanakan di lokasi proyek pada tanggal 16 Nopember 2013, dihadiri oleh para pejabat Pemerintah Timor Leste seperti Perdana Menteri Xanana Gusmao, Menteri Perhubungan, Menteri Pertahanan, Tommy Winata selaku Pemberi Kerja dan Direktur Utama PTPP Bambang Triwibowo selaku penerima kerja, serta hadir pula beberapa pengusaha di Timor leste.

Berdiri di atas lahan 15.000 m2 dengan luas bangunan 56.000 m2 dan ketinggian 26 lantai, menjadikan AGP Square sebagai gedung tertinggi di Timor Leste. Gedung ini memiliki konsep sebagai ikon di kawasan elite di kota Dili yang menyediakan fasilitas Mall, Perkantoran, Apartemen dan Hotel di Negara Timor Leste. Dengan adanya gedung ini, nantinya diharapkan para pekerja asing dan warga Timor Leste yang selama ini pergi keluar negeri untuk weekend, tidak perlu lagi keluar negeri. Nilai proyek ini secara keseluruhan diperkirakan di atas 1 triliun rupiah dengan 2 (dua) tahun masa pelaksanaan.
 
 
Peresmian Pabrik PP Precast di Cilegon, Bojonegara Banten 22-Aug-2013  
imgnews
PT PP (Persero) Tbk, melalui anak perusahaannya PT PP Dirganeka melakukan peresmian Pabrik PP Precast di Bojonegara, Cilegon, Banten pada hari ini Kamis, 22 Agustus 2013. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi memberikan efek yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan bisnis konstruksi di Indonesia. Hal ini tentunya memberikan dampak terhadap kebutuhan produk precast (pra cetak) yang dibutuhkan oleh proyek infrastruktur, properti maupun EPC yang semakin digalakan oleh pemerintah sesuai dengan tujuan MP3EI. Pada acara peresmian ini pun dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, serta jajaran Dewan Komisaris dan Direksi dari PT PP (Persero) Tbk dan PT PP Dirganeka.

Pabrik PP Precast merupakan pabrik pertama di Indonesia yang dapat memproduksi tiang pancang bulat (spun pile) berdiameter 800 mm hingga 1.200 mm dengan panjang maksimum sampai dengan 36 m, tanpa sambungan. Pabrik ini juga memproduksi produk precast lainnya seperti tiang pancang kotak (square pile), dinding penahan tanah berupa CCSP (corrugated concrete sheet pile) ataupun FSP (flat sheet pile), girder dan produk custom lainnya seperti half slab, beam, dan lain-lain.

Kapasitas pabrik yang cukup besar yaitu 324.000 m1/tahun untuk produk spun pile diameter 800 mm hingga 1200 mm, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk precast termasuk kebutuhan internal perusahaan sehingga dapat meningkatkan daya saing tender sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu, dermaga yang ada di pabrik memungkinkan tongkang sampai dengan ukuran 300 feet untuk merapat. Dengan demikian, produksi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan proyek-proyek besar berskala nasional yang berada di laut seperti: Proyek Kalibaru, Proyek Jembatan Selat Sunda serta tidak menutup kemungkinan dapat mengekspor ke luar negeri.

Saat ini, produksi PP Precast telah melalui berbagai tes baik internal ataupun independen. Secara independen, produk PP Precast telah memenuhi syarat teknis dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman dari Kementerian Pekerjaan Umum (PUSKIM PU) sebagai laboratorium resmi perwakilan sertifikasi tingkat ASEAN yang telah dilakukan pada Proyek Dermaga Ciwandan dan Proyek Kalibaru.

Untuk Pabrik PP Precast sendiri pertama kali dibangun pada 19 Desember 2012. Pembangunan konstruksi pabrik ini memakan waktu 3.5 bulan sejak awal penggalian pondasi pertama hingga dapat memproduksi spun pile perdaana pada 1 April 2013 lalu. Pabrik ini berdiri di lahan seluas 2 Ha yang sangat strategis karena tepat di tepi laut dengan kedalaman draft + 5 m sehingga memungkinkan delivery melalui laut. Selain itu lokasi pabrik dekat dengan lokasi quarry material batu beton yang memiliki kualitas sesuai syarat teknis untuk mutu beton tinggi sd K800.

Keberhasilan pabrik PP Precast sebagai anak perusahaan ini merupakan langkah awal dari rencana kerja perusahaan yang nantinya diharapkan dapat mendukung kinerja Perseroan. Hingga 2017, ditargetkan 4 pabrik precast dapat beroperasi di Indonesia.

Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektar yang berlokasi di tepi pantai Salira, Cilegon Banten. Lokasi ini sangat strategis karena berada di tepi laut dengan kedalaman draft kurang lebih 5 meter, sehingga memungkinkan pengiriman produk melalui laut.
 
 
PTPP Raih 2 Penghargaan dalam BUMN Innovation Award 2013 28-Jun-2013  
imgnews
Kementerian BUMN memberikan apresiasi kepada BUMN-BUMN yang telah berhasil melakukan inovasi di bidang teknologi dan produk, termasuk BUMN yang telah berperan aktif dalam mendorong berkembangnya semangat dan praktik inovasi di Indonesia.BUMN Innovation Award 2013 mengambil tema I4I atau Innovation for Indonesia, karena banyak teknologi dan produk unggulan BUMN yang terbukti mampu bersaing di pasaran.

Dalam kegiatan tersebut PT PP (Persero) Tbk meraih 2 (dua) kategori penghargaan dari Kementerian BUMN dalam Inovasi "Green Building/Green Construction" untuk kategori The Best Product Innovation of Infrastructure Sector dan The Best Innovation of Green Technology. Penghargaan tersebut diberikan langsung pada saat acara Pembukaan BUMN Innovation Expo & Award 2013 di Jakarta Convention Center pada hari Kamis, 27 Juni 2013. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Bapak Dahlan Iskan kepada Bapak I Wayan Karioka, Direktur Teknik & Pemasaran PT PP (Persero) Tbk.
 
 
PTPP Raih Piagam dalam Lomba Taman dan Penghijauan Tingka Provinsi DKI Jakarta 13-Jun-2013  
imgnews
PT PP (Persero) Tbk berhasil meraih Juara I dalam rangka Lomba Taman dan Penghijauan Tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan Kategori Taman Kantor Swasta. Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Joko Widodo kepada PT PP (Persero) Tbk yang diwakili oleh Corporate Secretary Ibu Betty Ariana pada hari Minggu lalu, 07 Juni 2013. Pemberian Piagam Penghargaan tersebut diberikan pada acara Pembukaan pameran Flora Jakarta 2013. Terdapat 6 (enam) kategori Lomba Taman dan Penghijauan tersebut, yaitu : 1. Kategori Taman Rumah Tinggal dengan luas taman maksimal 50 m2, 2. Kategori Taman Kantor Swasta dimana PTPP berhasil meraih Juara I, 3. Kategori Taman Kantor Masjid, 4. Kategori Taman Sekolah SMA/MAN/SMK Negeri, 5. Kategori Taman Interaksi Sosial , dan 6. Kategori Penghijauan Lingkungan RT.
 
 
PT PP Raih 3 Penghargaan dari Kementerian BUMN atas Kinerja & Terobosan yang telah dilakukan oleh Perseroan 20-May-2013  
imgnewsJakarta, 19 Mei 2013. PT PP (Persero) Tbk kembali menerima penghargaan atas terobosan yang dilakukan untuk meningkatkan KInerja Perseroan, penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan kepada Bambang Triwibowo pada Minggu, 19 Mei 2013 di Kantor Pusat Pertamina. Ketiga penghargaan tersebut adalah: 1. Sebagai Pelopor Green Contractor di Indonesia, hal tersebut dilihat dari existensi dan konsistensi PT PP menerapkan program Green tidak hanya pada bisnis inti ( sebagai kontraktor BUMN ) tetapi juga bagaimana keberadaan Perusahaan bermanfaat bagi lingkungan Perusahaan dan untuk masyarakat umum. 2. Sistem Pengembangan SDM terpadu dan berkesinambungan, dibuktikan dengan kepiawaian para key personil proyek yang masih muda dari sisi usia namun berhasil dalam memimpin proyek skala besar baik nasional maupun Internasional. 3. Penetrasi Pasar Global Dengan diperolehnya berbagai penghargaan tersebut, Perseroan berharap akan terus memicu semangat seluruh jajaran management maupun seluruh karyawan untuk terus memberikan sumbangsih yang lebih besar kepada Perseroan.
 
 
Menteri dan Duta Besar Denmark Mengunjungi Proyek Gran Rubina yang Menggunakan Konsep Green Building 11-Mar-2013  
imgnews
Menteri Perdagangan dan Investasi Pemerintah Negara Denmark, H.E. Mrs. Pia Olsen Dyhr dan Duta Besar Negara Denmark untuk Republik Indonesia, Mr. Martin Hermann melakukan kunjungan ke lokasi proyek pembangunan gedung perkantoran Gran Rubina pada hari Senin,04 Maret 2013. Hal tersebut dilakukannya untuk mendukung pembangunan gedung yang berlokasi di Central Business District (CBD) Jakarta tersebut.

Pembangunan gedung strata-title setinggi 21 lantai dengan luas sekitar 33.000 meter persegi ini merupakan awal dari rangkaian pembangunan tiga gedung perkantoran dengan total luas sekitar 180.000 meter persegi dan ditargetkan menjadi ikon green office building di kawasan CBD, Jakarta. Ground-breaking pembangunan Gran Rubina telah dilakukan pada September 2012 lalu.

Demi mewujudkan visi “Green Building” tersebut PT Triyasa Propertindo bekerjasama dengan konsultan professional di bidang environmental sustainability AG5 dari Denmark yang dipimpin oleh Marc Wilson, yang bekerjasama erat dengan arsitek Indonesia Tiyok Prasetyoadi dari PDW untuk mengaplikasikan konsep dan teknologi yang pro-green.

Tidak hanya itu PT Triyasa Propertindo telah menunjuk Kontraktor PT PP (Persero) Tbk yang dikenal sebagai “Green Contractor” sebagai Main Contractor gedung pertama komplek perkantoran tersebut, Penunjukan PT PP (Persero) Tbk tidak lepas dari kemampuan Kontraktor ini menerapkan “Green Construction” dan mendukung program sertifikasi Green Building yang sudah diprogramkan oleh PT Triyasa Propertindo.

Pemerintah Negara Denmark sendiri memiliki visi dan ambisi dalam mewujudkan kesejahteraan hidup dan pelestarian lingkungan yang lebih baik. Konsep Green Growth Economy yang dipopulerkan oleh Denmark dapat dicapai dengan cara menciptakan pertumbuhan ekonomi tanpa menggunakan lebih banyak energi dan sebaliknya meningkatkan efisiensi energi dan optimalisasi sumber daya, antara lain dengan memperluas pemanfaatan energi terbarukan. Dukungan dalam bentuk aplikasi konsep dan implementasi teknologi bagi green building yang berikan dalam proses pembangunan Gran Rubina merupakan contoh kecil yang membuktikan keseriusan komitmen Denmark dalam merealisasikan visi tersebut.
Dari proyek ini juga tergambarkan bahwa market Green Building cenderung akan menjadi market potensial saat ini dan akan datang mengingat kesadaran yang tinggi dari berbagai pihak atas kebutuhan bangunan hemat energi ini (voulentery aspect) dan juga didukung akan terbitnya perda DKI perihal Green Building yang akan berlaku sejak April 2013 dalam pengurusan IMB DKI (mandatory aspect).

Hal ini makin menunjukkan fundamental strategi marketing PT PP (Persero) Tbk yang sangat tepat dalam menguasai kemampuan membangun Green Building dan menerapkan Green Construction sebagai kompetensi andalan kontraktor ini.
 
 
PT PP ( Persero) Tbk Terima Penghargaan K3 Nasional Tingkat kota Makassar 06-Mar-2013  
imgnewsMakassar 28 Feb 2013, masih di awal tahun 2013 PT PP (Persero) Tbk kembali menerima penghargaan, kali ini Perseroan menerima penghargaan dari Walikota Makassar. Penghargaan tersebut diterima karena kepedulian serta komitmen PT PP dalam menerapkan prinsip prinsip manajemen keselamatan dan kesehatan kerja khususnya pada proyek PP yang dikerjakan di wilayah Makassar. Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan acara puncak bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Dengan diterimanya Penghargaan tersebut, Perusahaan berharap dapat memicu seluruh proyek diluar kota Makassar untuk terus meningkatkan kepedulian serta komitmennya dalam mengaplikasikan K3 di lingkungan proyek masing masing .
 
 
06-Mar-2013  
 
 
1
 
Operation HRD Knowledge Center e-learning Webmail Risk Management
Recruitment
SMKV