logo
 
 
 
 
 
 
PP Online |  Procurement |  Career |  Cust Satisfaction Survey
header
 
SEARCH        
 
     
 
 
PP Menerima Penghargaan Anugerah Business Review 2008 09-Dec-2008  

Anugerah Business Review merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang disampaikan oleh Majalah Business Review kepada korporasi dan pelaku bisnis BUMN maupun korporasi swasta yang berprestasi dalam meningkatkan kinerjanya dan telah berperan besar bagi pengembangan bisnis dan pembangunan perekonomian nasional.

Setelah melewati beberapa rangkaian kegiatan penjurian Anugerah Business review 2008, PT PP (PERSERO) berhasil terpilih sebagai Finalis Anugerah Business Review 2008 dari kurang lebih 600 perusahaan besar di Indonesia.

Dalam ajang penghargaan Anugerah Business Review 2008 ini, PT PP (PERSERO) berhasil meraih penghargaan dalam 2 (dua) kategori. Penghargaan pertama, PT PP (PERSERO) berhasil meraih Peringkat ke-4 dalam kategori CEO (Direktur Utama) Terbaik 2008 versi Anugerah Business Review. Sedangkan penghargaan kedua, PT PP (PERSERO) meraih Peringkat ke-2 dalam kategori SDM Terbaik 2008 versi Anugerah Business Review 2008.

Pemberian Anugerah Business Review 2008 tersebut diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta pada hari Rabu, 26 November 2008. Acara Malam Anugerah Business Review tersebut dihadiri oleh Komisaris, CEO, Direksi, dan General Manager perusahaan BUMN dan Swasta yang ada di Indonesia.
 
 
PP Menerima Penghargaan Karya Konstruksi Indonesia 2008 dari Menteri Pekerjaan Umum 01-Dec-2008  

Dalam rangka upaya menumbuh-kembangkan apresiasi terhadap peran industri dan jasa konstruksi pada perkembangan sektor perekonomian serta berbagai aspek kehidupan sosial budaya masyarakat, disamping sebagai forum untuk memotivasi peningkatan kompetensi, profesionalisme dan penggalangan berbagai potensi diantara pelaku jasa konstruksi nasional beserta mitra kerjanya, Menteri Pekerjaan Umum menetapkan suatu rangkaian kegiatan yang disebut Konstruksi Indonesia 2008.

Dalam kegiatan Karya Konstruksi Indonesia 2008 tersebut, Menteri Pekerjaan Umum, Bapak Djoko Kirmanto telah menetapkan pemberian Penghargaan Karya Konstruksi Indonesia sebagai penghargaan terhadap perorangan/ kelompok/ badan usaha yang telah menciptakan karya konsturksi terbaik dan bermanfaat dibidang konstruksi.

Setelah melalui rangkaian proses beberapa penilaian dan pertimbangan dari berbagai aspek kriteria, maka Menteri Pekerjaan Umum melalui surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 582/KPTS/M/2008 tentang Penerima Penghargaan Karya Konstruksi Dalam Rangka Konstruksi Indonesia 2008 tanggal 20 November 2008 menetapkan PT PP (PERSERO) sebagai penerima penghargaan Peringkat I Kategori Teknik Konstruksi dengan judul "Metode Sand Pumping Bali Beach Conservation Project".

Dalam karya konstruksi tersebut, karya PT PP (PERSERO) memiliki keunggulan dalam hal Inovasi Rekayasa Nilai (Value Engineering) untuk meningkatkan efisiensi transportasi pasir dari laut ke proyek dengan sistem pemompaan langsung dan menerus.
 
 
PP Meraih Juara Pertama dalam Indocement Awards 2008 20-Nov-2008  
imgnewsIndocement Awards untuk pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 dan diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang bisa meningkat kualitasnya dari tahun ke tahun. Untuk tahun ini, Indocement Awards terbagi ke dalam 5 (lima) kategori penghargaan, yaitu :

1. Indocement Contractor Award

2. Indocement Developer Award

3. Semen Tiga Roda Writing Competition Award

4. Semen Tiga Roda Architectural Artwork Competition Award

5. Semen Tiga Roda Concrete Competition Award

Untuk kategori Indocement Contractor Award, peserta dibagi lagi menjadi kelompok perusahaan berskala Kecil, Menengah, dan Besar. Untuk setiap kategori, Indocement telah memilih juri dari kalangan akademisi dan praktisi yang sangat berkompeten di bidangnya, sehingga diharapkan penilaian akan obyektif dan mampu menghasilkan pemenang yang benar-benar tepat di bidangnya.

Dalam penghargaan Indocement Awards 2008 tersebut, PT PP (PERSERO) berhasil meraih penghargaan Pertama dalam kategori Indocement Contractor Award 2008. Hal ini ditandai dengan penyerahan anugerah penghargaan oleh Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera), Bapak Muhammad Yusuf Asy’ary dan didampingi oleh Direktur Utama PT Indocement Tunggal Perkasa, Bapak Daniel Lavalle kepada Kepala Divisi Riset dan Teknologi PT PP (PERSERO), Bapak V. Partha Sarathi dalam acara Indocement Awards 2008 di Hotel Ritz Carlton pada hari Rabu, 19 November 2008 kemarin. PT PP (PERSERO) berhasil meraih Piala Penghargaan sebagai Juara Pertama kategori Indocement Contractor Award, Sertifikat Penghargaan dan uang tunai sebesar Rp. 50 juta.

Pemberian anugerah tersebut untuk pertama kalinya digelar oleh Indocement. Penghargaan tersebut diberikan bagi kalangan Kontraktor, Pengembang, Akademisi & Praktisi di bidang Konstruksi dan Bangunan.

 
 
PP Raih Peringkat 1 Sektor Infrastruktur & Konstrusksi Dalam The Best BUMN 2008 12-Nov-2008  

Berdasarkan data Kantor Kementerian Negara BUMN, jumlah BUMN yang terkait kepemilikan pemerintah secara langsung dan berada di bawah Menteri Negara BUMN ada 166 buah. Namun, dari jumlah tersebut hanya 139 BUMN yang secara mayoritas sahamnya dikuasai pemerintah.

Mengingat kondisi BUMN yang sangat bervariasi, baik bidang usaha maupun skala usahanya, maka dibuat pengelompokan BUMN berdasar kelompok keuangan dan nonkeuangan. Kelompok Nonkeuangan dibagi menjadi 7 (tujuh) kategori, sedangkan kelompok Keuangan menjadi 3 (tiga) kategori. Berdasarkan sektor usaha itu, BUMN dikelompokkan atas 14 (empat belas) sektor, yaitu : sektor Perhubungan, Agroindustri, Infrastruktur & Konstruksi, Telekomunikasi, Farmasi, Jasa Perdagangan, Industri Baja & Alat Berat, Pertambangan & Migas, Kawasan Industri, Industri Semen & Pupuk, Perbankan, Asuransi, Pembiayaan dan Industri lainnya.

Sebelum masuk pemeringkatan, ada 4 (empat) seleksi awal yang harus dilewati BUMN. Pertama, harus bisa menghasilkan laba. Kedua, perusahaan harus memiliki ekuitas positif. Ketiga, perusahaan memiliki data yang lengkap, dan Keempat, perusahaan telah beroperasi lebih dari 2 (dua) tahun. Dalam pemeringkatan ini hanya 102 BUMN yang bisa diperingkat.

Selanjutnya, menggunakan 5 (lima) parameter keuangan, kinerja BUMN diperingkat dengan pembobotan berdasar kategori yang sama. Penilaian A, B, C, D diberikan berdasar range peringkat masing-masing. Skor pada masing-masing parameter lalu dijumlah untuk mendapatkan pemeringkatan akhir.

Dari hasil pemeringkatan tersebut, PT PP (PERSERO) keluar sebagai Peringkat Pertama di bidang Infrastruktur & Konstruksi dalam The Best BUMN 2008 versi Majalah Investor edisi bulan November 2008. PT Wijaya Karya Tbk berada di peringkat kedua, disusul dengan PT Adhi Karya Tbk pada peringkat ketiga. Di peringkat keempat diperoleh oleh PT Jasa Marga Tbk dan terakhir peringkat kelima diraih oleh PT Waskita Karya.
(Sumber : Majalah Investor Daily edisi November 2008)
 
 
Investasi Hotel Patria Park Jakarta 18-Sep-2008  

Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang tahun PT PP (Persero) ke 55 tahun, PT PP (Persero) memulai investasinya dengan membangun sebuah hotel di daerah Cawang Jakarta Timur. Hotel tersebut dinamai Hotel Patria Park. Dimulainya acara Ground Breaking Hotel Patria Park Cawang tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bapak Muchayat selaku Deputi Bidang Usaha Jasa Lainnya Kementerian Negara BUMN dan pencanangan 10 bibit pohon terakhir dari 1000 bibit pohon yang telah ditanam oleh PT PP (Persero) beberapa waktu lalu di beberapa lokasi. Penanaman 10 bibit pohon terakhir tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT PP (Persero) ke 55 yang jatuh pada tanggal 26 Agustus 2008 dan sekaligus pencanangan PT PP (Persero) sebagai Green Contractor. Penanaman 10 bibit pohon tersebut dilaksanakan secara serentak oleh Bapak Muchayat selaku Deputi Bidang Usaha Jasa Lainnya Kementerian Negara BUMN RI, Bapak S. Purnomo selaku Project Director Hotel Patria Park Cawang, Komisaris dan Direksi PT PP (Persero).

Acara Ground Breaking tersebut dimulai pukul 10.30 WIB di area belakang pembangunan Hotel Ibis Patria Park Cawang Jakarta dan diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang pada pukul 12.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa Pejabat dari Kementerian Negara BUMN RI, para Direksi BUMN Karya dan para pejabat PT PP (Persero).
 
 
Green Contractor 16-Sep-2008 | download  

Memasuki usianya yang ke 50 tahun, PT PP (Persero) sebagai salah satu perusahaan kontraktor BUMN terbesar di Indonesia memulai programnya dengan melestarikan lingkungan hidup dan menanggulangi pemanasan global (global warming). Dalam aksi kepedulian tersebut, PT PP (Persero) menamakan dirinya sebagai "Green Contractor". Aksi kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar ini dimulai dengan melakukan penanaman 1000 bibit pohon yang ditanam di kantor pusat, kantor divisi operasi, kantor cabang dan lingkungan warga sekitar kantor. Penanaman 10 bibit pohon terakhir dari 1000 bibit pohon yang telah ditanam oleh PT PP (Persero) dilakukan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PT PP (Persero) ke 55 pada hari Selasa tanggal 26 Agustus 2008 yang lalu dalam acara Peresmian Ground Breaking Hotel Patria Park Jakarta.

Disamping itu, dalam rangka mendukung dan mensosialisasikan program tersebut, PT PP (Persero) mengadakan seminar yang bertema "Green Construsction Toward Susitainable Development" di Hotel The Sultan Jakarta pada tanggal 21 Agutus 2008. Seminar tersebut dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan konstruksi di Indonesia.

Masih dalam rangka mendukung program pelestarian lingkungan hidup tersebut, karyawan PT PP (Persero) dihimbau untuk mengurangi pemakaian benda-benda yang terbuat dari plastik, styrofoam, dan sebagainya. Para karyawan disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang dapat didaur ulang. Selain itu, para karyawan juga dihimbau untuk melakukan penghematan disegala bidang, seperti ; penghematan pemakian listrik, telepon, air, kertas, dan sebagainya.

Saat ini PT PP (Persero) sedang merumuskan manual book untuk penerapan Green Contractor.
 
 
Runtuhnya Jembatan Interstate 35 W diatas Sungai Missisipi 20-May-2008  
Tiga kata kunci berkaitan dengan kinerja Struktur bagi seorang Structural Engineer, yaitu : Strength (Kekuatan), Stiffness (Kekakuan) dan yang terakhir adalah Ductile (Daktail). Strength dan Stiffness boleh terlampaui / gagal karena Force Majeur, tetapi kunci ke tiga yaitu : Daktail, tidak boleh gagal sehingga korban Jiwa dapat dihindari.

Pada 1 Agustus 2007, Jembatan Interstate 35 W yang menghubungkan Minneapolis dan St. Paul runtuh dan menyebabkan puluhan korban jiwa dan kendaraan yang melintas di atasnya.Keruntuhan Jembatan terjadi secara tiba-tiba, sehingga puluhan korban tidak sempat menyelamatkan diri mereka.

Pada awalnya dugaan serangan teroris menjadi penyebab runtuhnya Jembatan ini. Akan tetapi setelah dipelajari para pakar di sana disimpulkan bahwa fenomena ini terjadi murni karena kegagalan Struktur Jembatan.

Sebelum Collapse Jembatan Interstate 35 W berupa Jembatan Rangka Bentang Menerus.

Pada Jembatan Rangka Batang Menerus yang dominan adalah perilaku lentur, tetapi karena tipenya Rangka Batang, maka Momen Lentur akan dialihkan menjadi Kopel Gaya-Gaya pada tepi-tepi atas Rangka tersebut.Jadi pada Batang-Batang Rangka hanya ada Gaya-Gaya Aksial (Tekan dan Tarik).

Perlu diperhatikan jika keruntuhan itu disebabkan oleh Gaya Tekan pada Elemen Tekan, maka stabilitas menjadi hal yang dominan. Kalau meninjau dari sifat keruntuhannya yang tiba-tiba, maka bisa saja keruntuhannya akibat Gaya Tekan.
 
 
Customer Delight 11-May-2008  
Dalam Perusahaan yang berbasis pada Produk dan Jasa, Pelanggan/Customer adalah Aset terbesar dalam suatu Perusahaan, karena dapat menentukan berkembang tidaknya Perusahaan.Perusahaan melakukan banyak cara untuk menarik Customer agar Perusahaan tersebut berkelanjutan.

Level-level dalam pelayanan kepada Pelanggan:
1. Customer Service adalah hanya sekedar pelayanan kepada Pelanggan.
2. Customer Satisfaction adalah pelayanan kepada Pelanggan sehingga Pelanggan puas karena keinginannya telah terpenuhi.
3. Customer Care adalah pelayanan kepada pelanggan selain memenuhi keinginan Pelanggan dengan baik tetapi juga peduli, sehingga membuat Pelanggan terkesan.
4. Customer Delight adalah pelayanan kepada pelanggan sehingga Pelanggan merasa puas dan bahkan melebihi apa yang diharapkan Pelanggan.

Tujuan memuaskan Pelanggan adalah mendapatkan simpati dari Pelanggan, sehingga Perusahaan mendapatkan keuntungan secara jangka pajang karena loyalitas Pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan dan dapat juga membentuk Citra Perusahaan, karena para Pelanggan mempunyai jaringan yang sangat besar terhadap sesama Pelanggan.

PT PP (Persero) adalah salah satu Perusahaan Jasa Konstruksi Nasional yang terkenal dengan kualitasnya, dan upaya-upayanya untuk meningkatkan kualitas tidaklah main-main.
 
 
Semen Putih dari sampah Kaca 09-Apr-2008  
VCAS (Vitreous Calcium Alumino-Silicate) Pozzolan Putih merupakan hasil rekayasa baru sebagai bahan pengganti Semen berkinerja tinggi untuk Beton Putih. Bahan bangunan ini bersifat ?hijau? karena dapat diperoleh dari sisa Pabrikasi Serat Kaca.

Dengan teknologi ini, Industri Gelas / Kaca dapat mencegah timbunan Tanah sekitar 200.000 ton Serat Kaca tiap tahunnya, beserta dampak negatif yang ditimbulkannya dan dapat menghemat Energi (diperkirakan 175-triliun BTU) dengan penghapusan Industri Semen Putih, material yang digantikan oleh barang sisa ini.

Teknologi ini juga dapat mengurangi CO2, NOX dan pencemar udara lainnya yang dihasilkan dari Industri Semen Putih yang digantikan.
Secara Kimia, VCAS Pozzolan sebagian besar terdiri dari Oksida-oksida Si, Al dan Ca tanpa adanya zat-zat pengganggu.Tidak seperti Uap Silika, Abu Terbang dan Bijih Besi, VCAS Pozzolan bebas dari Fe, Mn dan zat-zat pewarna yang mempengaruhi kemurnian,yang membuat mereka sangat cocok untuk semua aplikasi yang menggunakan Semen Putih, seperti Motar, Plesteran, Teraso, Batu tiruan, Cor di tempat atau produk-produk Precast.
 
 
Saal Gandeng PP garap proyek di Bahrain 16-Feb-2008  

Jakarta: Saal Holding, perusahaan asal Uni Emirat Arab, menggandeng PT Pembangunan Perumahan(PP) dalam kerja sama operasi (Joint Operation) pembangunan proyek perkantoran dan apartemen di Manama, Bahrein.

Pembangunan proyek perkantoran Adel Safar Tower dan apartemen Succon Tower menelan total dana US$74juta.Chief Executive Officer Syrconsult International (Saal Holding) Mohammed Abdul Latief Al Tawil mengatakan Pembangunan Perumahan(PP) merupakan kontraktor yang paling tepat untuk membangunan dua proyeknya itu. Sebelumnya Saal telah mensurvei sejumlah perusahaan kontraktor di beberapa negara, seperti Filipina.

 
 
8
 
Operation HRD Knowledge Center e-learning Webmail Risk Management
Recruitment
SMKV